Cara Bermain Gateball

Peralatan yang diperlukan dalam permainan olahraga Gateball terdiri dari :
      o   Lapangan
      o   Stick / Tongkat pemukul
      o   Bola,
      o   Gate/ gawang,
      o   Goal Pole,
      o   Dan beberapa perlengkapan lainnya.
Lapangan :
Lapangan Gateball berbentuk 4 (empat) persegi panjang dengan ukuran garis dalam 15 x 20 meter atau 20 x 25 meter. Permukaan datar, bebas dari rintangan bisa dilakukan diatas permukaan tanah biasa, tanah berumput, atau rumput buatan/karpet di dalam Hall. Jarak garis dalam dan garis luar 1 meter sejajar dengan garis dalam. Sudut-sudutyang terbentuk oleh garis dalam (inside line) disebut sudut 1, 2, 3, dan 4. Sedangkan area start adalah 2 meter pada garis 4 yaitu dengan jarak 1 meter dari sudut 1 meter dari sudut 1 hingga meter ke-3 dari sudut 1 (lihat gambar)



Stick/Tongkat pemukul
Stick/tongkat pemukul berbentuk T terdiri dari batang dan kepala, tidak ada batasan berat. Kepalanya terbuat dari kayu, besi atau sejenisnya, dan berbentuk silinder dengan ukuran panjang antara 18-24 cm serta kedua permukaannya datar berdiameter 3,5 – 5 cm, sedangkan panjang batang stick sesuai kebutuhan, mulai dari 50 cm.




Bola
Bola yang dipergunakan untuk bermain terbuat dari bahan  Synthetic Residue berdiameter 7,5cm (toleransi 0,7mm), berat 230 gram (toleransi 10 gram) dengan permukaaan licin dan rata.
Jumlah bola yang digunakan 10  sepuluh) buah yaitu 5 (lima) bolamerah dan 5 (lima) bola putih. Bola merah bernomor ganjil, yaitu 1, 3, 5, 7, dan 9 ditulis dengan warna putih, sedangkan bola putih bernomor gelap yakni 2, 4, 6, 8, dan 10 ditulis dengan warna merah. Kesepuluh bola digambar pada permukaan luar bola dengan luas 5 cm di kedua sisi yang berlawanan.





Gate/Gawang
Di dalam lapangan terdapat 3 (tiga) buah gawang yang sama yaitu gawang pertama, kedua dan ketiga, dimana masing-masing gawang dipasang tegak lurus dari permukaan lapangan yang tingginya 20 cm dan lebar dalam 22 cm.
Gawang pertama ditempatkan paralel dengan garis start yang jaraknya dari garis 4 atau dari sudut 1 kearah sudut 2 yaitu 4 meter, dan titik tengah gawang ke garis pertama 2 meter. Sementara gawang kedua ditempatkan paralel dengan garis 1 dan 3 dengan jarak 12 meter bila dihitung dari garis 1 dan atau kali panjang garis kedua, jarak titik tengah gawang dengan garis kedua sama 2 meter.
Sedangkan gawang ketiga ditempatkan parallel atau sejajar dengan garis ketiga tang jaraknya ½ dari panjang garis keempat dihitung dari sudut 4, jarak titk tengah gawang dengan garis 4 juga 2 m.

Goal Pole
Goal pole adalah sebuah besi yang berada tepat ditengah-tengah lapangan dengan tinggi 20 cm dari permukaan lapangan, berdiameter 2 cm dan merupakan sasaran terakhir setelah bola pemain melewati gawang ketiga.








Beberapa perlengkapan lainnya
Beberapa perlengkapan lainnya yang digunakan sebagai pendukung permainan Gateball antara Time score. Time score dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu pemain kapten maupun manajer untuk mengetahui hasil pertandingan dan waktu yang tersisa.






II. ISTILAH DALAM PERMAINAN GATEBALL
Adapun beberapa istilah yang dipergunakan dalam permaianan gateball antara lain :
Ø  Pukulan/Stroke
Ø  Touch/Sentuhan
Ø  Spark
Pukulan
Pukulan (Stroke) adalah memukul langsung bolanya sendiri oleh pemain yang bersangkutan dengan stick. Pukulan ini menggunakan ujung dari kepala stick.
 Pukulan pertama kali dilakukan oleh si pemukul/pemain dengan memukul bolanya sendiri langsung mengarah ke gawang pertama. Kemudian si pemukul/pemain dapat melanjutkan permaianan apabila pukulan pertamanya dinyatakan masuk me-lewati gawang pertama dengan catatan setelah masuk, bola tidak keluar dari lapangan. Kalau keluar lapangan setelah melewati  gawang per-tama, maka bola tersebut diangkat   ke areal start sambil menunggu giliran selanjutnya. Setiap pemain diberi waktu maksimum 10 detik setiap melakukan pukulan. Pukulan dinyatakan salah atau melanggar apabila seorang pemain mendorong bolanya dengan stick. Memukul bola 2 (dua) kali sentuhan atau memukul dengan bagian stick yang bukan permukaan ujung kepala stick.
 
Touch/ Sentuhan
Touch atau sentuhan adalah pergerakan bola yang dilakukan oleh pemukul atau pemain, dan mengenai bola lain serta bergerak oleh permainan yang layak dan benar dan berhenti di bagian dalam dari batas garis dalam. Dari hasil sentuhan yang benar ini si pemukul atau pemain diberi kesempatan untuk melakukan Spark terhadap 2(dua) bola atau lebih, apabila telah menyentuh bola lain lebih dari satu. Pemain harus melakukan sparking terhadap bola yang telah disentuh satu persatu. urutan sparking tidak harus sesuai dengan bola yang telah disentuh. Apabila dalam suatu pukulan bola masuk dari arah depan gawang sekaligus terjadi touch, maka si pemukul/ pemain harus melakukan sparking terlebih dahulu.

Spark
Spark adalah suatu aktivitas yang berkesinambungan setelah terjadi sentuhan. Sparking dilakukan oleh pemaian dengan meletakan bola yang disentuh berdempetan dengan bolanya sendiri yang berada dibawah injakan dari salah satu kaki pemain.
Bola yang ditem-patkan berdempetan dibawah injakan kaki tersebut, kemudian bolanya sendiri dipukul dengan catatan bola si pemukul atau pemain tetap berada di bawah injakan kaki dan tidak terlepas.
Yang diperbolehkan dalam sparking:
  • Si pemukul atau pemain boleh menginjak bola sendiri dan bola orang lain pada saat yang sama.
  •  Si pemukul boleh memegang bola orang sesaat akan melakukan sparking.
  •  Si pemukul boleh memutar kakinya atau injakkannya sendiri diatas bolanya sendiri sesudahdia menginjakkan kaki diatasnya.
  •  Si pemukul boleh menyentuh bolanya sendiri dengan tangannya sendiri pada waktu setting akan melakukan sparking.
WAKTU PERMAINAN
      Waktu pertandinagn dalam suatu permainan Gateball adalah 30 menit dan diakhiri oleh pemukul yang memegang bola putih atau gelap. Atau permainan dikatakan selesai atau berakhir apabila kelima bola dari salah satu warna bola dapat menyelesaikan atau menyentuh Goal Pole setelah melewati gawang ke tiga. Memukul bola dapat dilakukan dengan berbagai cara dan gaya. Namun cara memukul bola yang lebih baik adalah berdiri dan kaki dibuka kira-kira selebar bahu. Peganglah stick atau pemukul anda tepat didepan kedua kaki. Tempatkan bola didepan permukaan kepala stick. Meski anda diperbolehkan memegang stick dengan berbagai cara atau gaya, namun pada dasarnya lebih baik memegang stick seperti dalam gambar,  karena akan terbentuk suatu integrasi secara keseluruhan antara stick dan tangan si pemukul. Ayunan stick paralel dengan bahu anda seperti gerakan pendulum (bandul jam). Pada waktu mengayunkan stick, jaga agar kepala anda tidak bergerak, sesudah bola terpukul biarkan gerakan ayunan stick berlanjut kearah sasaran.

V. ANDA DAPAT MERAIH LEBIH BANYAK KESEMPATAN UNTUK MENANG MELALUI SPARKING
      Sparking memainkan peranan yang sangat penting dalam permainan Gateball. Contoh, bila Anda memukul bola dan menyentuh bola lain (bola teman atau lawan) dan kedua bola (yang tersentuh dan menyentuh) tetap berada didalam garis, maka anda berhak untuk melakukan Spark. Sambil berdiri dengan posisi yang layak tekanlah bola dengan ujung kaki kiri (bagi yang tidak kidal). Bola yang tersentuh diletakkan disisi bola Anda sedemikian rupa (nempel) arahkan pada titik yang anda tuju, bola yang anda Spark akan meluncur karena benturan bola yang anda pukul, sementara itu bola anda tetap bertahan dibawah ujung kaki anda. Bila bola yang tersentuh atau terkena adalah bola teman sendiri (satu warna), maka sparking dapat anda arahkan ketempat yang menguntungkan. Namun bila yang tersentuh atau terkena bola lawan maka anda dapat men- Spark bola tersebut lebih jauh lagi sehingga menyulitkan lawan. Bila anda sukses melakukan sparking, maka anda berhak memukul bola anda sesuai dengan jumlah kali sparking. Sparking sangat membantu untuk mengembangkan kesempatan guna meraih kemenangan selain strategi atau taktik.

STRATEGI /TAKTIK
Strategi atau taktik merupakan salah satu kunci kemenangan dalam permainan Gateball tanpa mengabaikan keahlian, kemampuan, dan keterampilan. Tidak perlu diragukan strategi atau taktik merupakan suatu keharusan untuk diketahui oleh setiap pemain terutama sang Kapten. Penggunaan atau penerapan strategi dilakukan sesuai dengan situasi, kondisi dan posisi bola di lapangan.

NILAI
Setiap bola yang masuk gawangdari arah depan berhak mendapatkan nilai 1 (satu). Sedangkan bola yang menyentuh Goal Pole setelah melewati gawang III berhak dengan nilai 2(dua). Jadi satu bola berhak mempunyai nilai maksimum 5 (lima).

PERATURAN
Peraturan permainan Gateball yang dipergunakan adalah peraturan internasional yang dikeluarkan World Gateball Union (WGU).
Sekilas penulis sampaikan beberapa peraturan dasar yang sering ditemui di lapangan :
  1. Pemain dilarang berada didalam lapangan, kecuali telah dipanggil oleh Wasit/Juri.
  2. Pemain dilarang menyentuh bola baik dalam keadaan diam amupu bergerak.
  3. Pemain dilarang melakukan pukulan lewat dari 10 (sepuluh) detik.
  4. Pemain dilarang mengganggu konsentrasi pemain lainnya yang sedang melakukan pukulan.
  5. Bola dinyatakan masuk gawang dan mendapatkan nilai apabila bola tersebut telah melewati gawang/gate secara utuh (Gate Pass) dan datangnya dari arah depan.
  6. Khusus untuk gawang 1, bila bola masuk gawang kemudian keluar dari lapangan maka bola tersebut dinyatakan tidak mendapatkan nilai (dikembalikan ke areal start).
  7. Bola yang dinyatakan masuk gawang 1 (pertama) akan mendapatkan nilai, dan langsung menyentuh bola lain, maka bola yang disentuh tidak boleh di Sparking, melainkan dikembalikan kembali ke tempat semula. Untuk selanjutnya boleh disentuh/dicari kembali.
  8. Pemain tidak boleh mengenai bola yang sama hingga dua kali berturut-turut dalam sekali giliran.
  9. Pemain tidak boleh melakukan sparking apabila bola yang disentuh maupun bola yang menyentuhnya keluar dari batas garis dalam lapangan dan atau telah mengenai goal pole (game) lebih dahulu.
  10. Bola yang datang dari arah belakang gawang baik dari dalam maupun luar lapangan berhenti dan berada di bawah gawang, kemudian disentuh bola lain hingga masuk gawang, dinyatakan tidak memperoleh nilai.
  11. Apabila pemain menyentuh bola lain, dan pada saat mengambil bola yang disentuh, salah satu bola baik yang tersentuh maupun yang menyentuh masih dalam keadaan bergerak, maka dinyatakan bersalah, tetapi bola yang bersangkutan tidak dikeluarkan dari lapangan.
  12. Bola masuk hasil sparking yang berada di bawah gawang tidak memperoleh nilai.
  13. Apabila saat melakukan sparking, bolanya sendiri terlepas dari injakan kakinya, dinyatakan salah dan bola tersebut ditaruh diluar lapangan, kemudian bola lainnya ditempatkan pada posisi semula saat melakukan sparking.
  14. Bola yang datang dari luar lapangan menyentuh gate atau masuk gawang tidak mendapatkan nilai, tapi pukulannya dianggap sah. Namun bila menyentuh bola lain dinyatakan bersalah dan bola yang menyentuh diletakkan di luar lapangan dengan jarak yang terdekat dari tempat kejadian. Sedangkan bola yang disentuh dikembalikan ke tempat semula.
  15. Bola yang mengenai bola lain dari arah belakang dengan melewati gawang dinyatakan sah tapi tidak mendapatkan nilai, hanya boleh melakukan sparking.
  16. Penempatan arah bola yang akan di-sparking dapat dilakukan beberapa kali, asalkan waktunya tidak lebih dari 10 detik.
  17. Apabila bola yang di-sparking tidak bergeser lebih dari 10 cm (jarak ukuran bola), maka bola sipemukul dinyatakan salah, kemudian diletakkan diluar lapangan dengan jarak yang terdekat dari kejadian.
  18. Apabila terjadi pengggantian pemain, maka pemain yang telah diganti tersebut tidak boleh main kembali saat game tersebut masing berlangsung.   
  19. Permainan dinyatakan berakhir apabila waktu telah mencapai 30 menit atau seluruh pemain dalam 1 regu telah menyelesaikan sampai goal pole/game dengan total niali 25. Kemudian pukulan diakhiri oleh pemain yang bernomor genap(bola putih).

1.